Intermediate State: Mengungkap Rahasia Alam Baka Antara Surga dan Neraka

Authors

  • Evarisman Nehe STT Presbyterian Batam Author
  • Imelda Marcos Simbolon STT Real Batam Author
  • Otniel Otieli Harefa STT Real Batam Author

DOI:

https://doi.org/10.62282/pj.v1i2.137-154

Keywords:

intermediate state, surga, neraka

Abstract

Posisi jiwa manusia setelah kematian yang disebut intermediate state bukan saja terbesik sebagai pertanyaan bahkan tengah menjadi polemik dalam konteks eskatology di kalangan teolog dan gereja secara interdenominasi, diantaranya purgatory, persoalan sheol dan hades, dan sebagainya. Berbeda konsep yang tampak pada prinsip yang dinyatakan Yesus bahwa “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus, demikian kesaksian” Lukas 22:43. Oleh karenannya masalah yang dirumuskan adalah pertama bagaimana konsep Alkitab mengungkap konsep intermediate state? Kemudian Bagaimana gereja masa kini memaknai, menyikapi konsep intermediate state? Dan tujuan penelitian khusus berhaluan pada konsep firman yang komprehensif dan memaknainya untuk menjawab pro dan kontra bahkan multi tafsir yang selama ini terjadi, secara khusus dalam konteks eskatology. Penulis melakukan penelitian pustaka menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Selain itu, penulis melakukan penelitian terhadap berbagai sumber literatur, termasuk buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan eskatologi secara khusus bahasan intermedate state dan semua aspek dogmatikkannya. Hasil kajian penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman yang akurat tentang Intermediate State menolak konsep tradisional seperti purgatori dan pandangan sheol serta hades sebagai tempat netral atau sementara bagi jiwa, sebab sejatinya manusia setelah mati secara fisik jiwa yang selamat langsung masuk ke surga (firdaus) sambil menunggu hari penghakiman terakhir secara umum dipersatukan oleh Allah dengan tubuh kebangkitannya dan kemudian berlangsungnya kehidupan kekal memuji Allah selamanya di surga, sebaliknya demikian juga dengan jiwa yang tidak selamat langsung masuk neraka menunggu dipersatukan tubuh kebangkitan dan menanggung hukuman kekal selama-lamanya.

References

Asali, B. (2022). INTERMEDIATE STATE (1). Golgothaministry.Org. https://golgothaministry.org/pa_online/intermediate_state_1.htm

Asali, B. (2023). ESCHATOLOGY (6). Golgothaministry.Org. https://golgothaministry.org/eskatology/eskatology_06.htm

Asali, B. (2024). ROMA KATOLIK IV API PENCUCIAN. Golgota Ministry. https://golgothaministry.org/katolik/katolik_04.htm

Asep Awaludin. (2019). The Concept of Purgatory In Catholicism. Journal of Religious Comparative Studies, Vol. 1(1), 43–51.

Barnes, A. (2024). Barnes’ Notes on Luke 23. Biblehub.Com. https://biblehub.com/commentaries/barnes/luke/23.htm

Benson. (2024). Benson Commentary on Luke 16. Biblehub.Com. https://biblehub.com/commentaries/benson/luke/16.htm

biblesoft.inc. (2024a). NASB Lexicon. Biblehub.Com. https://biblehub.com/lexicon/2_corinthians/5-8.htm

biblesoft.inc. (2024b). Text Analysis on Luke 23:43. Biblehub.Com. https://biblehub.com/text/luke/23-43.htm

biblesoft.inc. (2024c). Text Analysis on Text Analysis Luke 16:23. Biblehub.Com. https://biblehub.com/text/luke/16-23.htm

Daniel, A., & Lilo, D. (2022). Hades Menurut Kitab Lukas 16:19-31 Dan Implikasinya Bagi Hidup Orang Percaya. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 5(1), 2656–1131. http://stthami.ac.id/ojs/index.php/hami

Dwiyono, P. D. P. (2022). Komparasi Pandangan Eskatologi Amilenialisme Louis Berkhof Dan Premilenialisme Charles C. Ryrie. Shema: Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Kristen, 2(Vol 2 No 2 (2022): Jurnal Shema Desember 2022), 49–61. https://jurnal.sttii-purwokerto.ac.id/index.php/shema/article/view/29/24

Fee, G. D. da. D. S. (2000). Hermeneutik Bagaimana Menafsirkan Firman Tuhan Dengan Tepat. Gandum Mas.

G.I. Williamson. (2017). Katekismus heidelberg. Momentum.

G.I. Williamson. (2022). pengakuan iman westminster. Momentum.

George Eldon. (2001). Injil Kerajaan. Gandum Mas.

Gerard Berghoef dan Lester DeKoster. (1997). Between Death and Resurrection: A Critical Response to Recent Catholic Speculation. William B. Eerdmans Publishing Co.

James A. Lola, Arung P. Marumbona, J. (2024). Perumpamaan tentang orang kaya dan lazarus yang miskin: Jurnal Teologi RAI, Vol. 1, No. 1 (April, 2024), 1(1), 125–140.

Joseph Ratzinger (Paus Benediktus XVI). (1988). Eschatology: Death and Eternal Life (3rd ed.). Catholic University of America Press.

KelosoS. Ugak, Hendra, R. C. N. (2022). Teologi Sakit dan Kematian di Masa PandemikCovid-19: Studi Pengaruh Spritualitas, Alkitab, Gereja, Dukungan Sosial, dan Media Sosial. Jurnal Teologi Pambelum, 1(Februari), 201–220.

Louis Berkhof. (2015). Teologi Sistematika 6, Eskatology. Momentum.

MacLaren. (2024). MacLaren Expositions Of Holy Scripture on 2 Corinthians 5. Biblehub.Com. https://biblehub.com/commentaries/maclaren/2_corinthians/5.htm

Matalu, M. Y. (2017). Dogmatika Kristen dari Perspektif Reformed (3rd ed.). GKKR (Gerakan Kebangunan Kristen Reformed).

mes Leo Garrett, J. (1995). systematic theology: Biblical, Historical and evangelical. Grand Rapids.

Millard J. Erickson. (1998). Christian Theology. Baker Academic.

Mira Permata Sari Simanjuntak, P. M. (2021). Tinjauan Dogmatis Tentang Sheol Tempat Orang Mati Di Perhadapkan Dengan Pandangan Warga Jemaat Gkpi Natumingka. Jurnal Sabda Akademika, 1(2), 69. file:///C:/Users/owner/Downloads/54-Article Text-111-1-10-20220115 (1).pdf

Paul Enns. (2014). The moody handbook of theology. Literatur SAAT.

Setiadi, H. (2024). Makna frasa orang kudus yang telah meninggal bangkit menurut Matius 27 : 52 bagi orang Kristen masa kini. Pneumatikos Jurnal Teologi Kependetaan, 14(2), 145–157.

Situmorang, R. P., & Munthe, P. (2021). Tinjauan dogmatis terhadap pemahaman jemaat GKPI Sei Bamban. Jurnal Sabda Akademika, Vol 1 No 1(Publikasi Berkala September 2021), 1–9. https://ejurnal.sttabdisabda.ac.id/index.php/JSAK/article/view/7

Solihin, B. (2003). Di Manakah Orang-Orang yang Telah Meninggal Dunia Berada ? : Sebuah Studi Mengenai Intermediate State. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 4(2), 225–237. https://doi.org/10.36421/veritas.v4i2.112

Stephen H. Travis. (1980). Christian Hope & the Future. Downers Grove.

William G.T. Shedd. (2003). Dogmatic theology. P&R.

Yohanes Hartopo. (2021). Kondisi final orang percaya: surga di duni ini? STT AMANAT AGUNG. https://sttaa.ac.id/uploads/EC/Kondisi-Final-Orang-Percaya-Bagian-1.pdf

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167

Published

2024-06-23

Issue

Section

Articles